TEKNOLOGI KERAS DAN TEKNOLOGI LUNAK DALAM KEBERAGAMAAN



TEKNOLOGI KERAS DAN TEKNOLOGI LUNAK DALAM KEBERAGAMAAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Dalam kehidupa sehari-hari tidak dapat dipungkiri, bahwa kita membutuhkan teknologi untuk mengatasi problem kemanusiaan. Dengan teknologi manusia dapat meningkatkan taraf hidupnya. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan cabang ilmu yang harus dikuasai dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sejarah menunjukkan bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tidak mungkin terjadi secara instant melainkan memerlukan usaha yang konsisten dan terus menerus.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa Pengertian Teknologi?
2.      Apa Keterkaitan antara Ilmu Pengetahuan dan Teknologi?
3.      Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Keberagamaan?
4.      Apa Teknologi Pemikiran atau Hubungan Tentang manusia,IPTEK dan Agama?

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Teknologi.
Menurut Dennis Gauled Teknologi adalah bagian dari ilmu terapan yang menunjukkan pada aplikasi sistemati atas rasionalitas manusia untuk mengatasi problem kemanusiaan.
Jadi yang menghasilkan teknologi yaitu ilmu terapan,sedangkan ilmu murni tidak bisa menghasilkan teknologi, tetapi teknologi yang dapat menghasilkan ilmu murni.
Ilmu Murni           Ilmu Terapan         Teknologi


 
Contoh: Pesawat olak alik yang terbang keluar angkasa dan memperoleh pengetahuaan.
Aplikasi sistematis,rasionalitas bisa ditangkap oleh mata untuk mengatasi problem kemanusiaan ,bukan hanya manusia tetapi juga yang ada disekitar manusia.Seperti berinteraksi dengan hewan dan berhubungan dengan alam. Manfaat teknologi dapat meningkatkan taraf hidupnya (Less Human           More Human).
B.     Keterkaitan Ilmu Pengetahuaan dan teknologi
Teknologi ditemukan untuk menambah prinsip-prinsip atau teori-teori.
Nilai-nilai dalam teknologi:
1.      Rasionalitas (Dapat ditangkap oleh akal).
2.      Efisiensi (Praktis)
3.      External              Netral atau ada jarak dengan objek.
4.      Mengendalikan hidup manusia karena teknologi hasil budidaya manusia.
C.    Teknologi Keberagamaan
Teknologi keberagamaan adalah salah satu ilmu yang menyangkut prinsip ilmu pengetahuaan yang rasional dan sistematis tentang langkah-langkah operasional yang menyangkut seperangkat metode rasional untuk mewujudkan suatu gejala keberagamaan. ilmu tentang cara beribadah. Teknik keberagamaan adalah prosedur pemberdayaan hubungan sifat dasar antara dua atau lebih unsur keberagamaan .Unsur dalam keberagamaan ada orang,ada yang disembah ada tempatnya, ada adatnya dll.
Dalam konteks keberagamaan islam yaitu menggeser atau mengembangkan ilmu islam yang bersifat normatif,spekulatif,filosofis menuju ilmu yang praktis dan empiris.
D.    Teknologi Pemikiran atau Hubungan Tentang manusia,IPTEK dan Agama
1.      Pendekatan Konflik
Orang materialisme berpendapat bahwa agama adalah musuh sains.Agama adalah virus candu masyarakat .Mereka berpendapat seperti itu karena di dalam agama ada konsep imandan menurut mereka iman tidak dapat dijelaskan secara ilmiah.Tokohnya yaitu Richrd Dawkin,Peter Ateins,Carl Sagan.
2.      Pendekatan Independensi
Menyadari bahwa metedologi yang digunakan oleh sains itu berbeda ,mereka.Karena bependapat bahwa agama dan sain tidak dapat bersatu agama menggunakan hati dan sains menggunakan akal / rasio.Wilayah agama berbeda dengan wilayah sains,oleh karena itu agama dan sains harus dipisahkan agar tidak menimbulkan konflik.
3.      Pendekatan Dialogis
Untuk melihat kesamaan agama dan sains dari pendekatan dialogis,Keduanya merupakan upaya pemehaman terhadap realitas kehidupan sebagai sumber pengetahuaan manusia.
4.      Pendekatan Integratif
Suatu pandangan yang mempersatukan sains dengan agama.keduanya merupakan wilayah yang berbeda namun berada dalam satu kesatuaanyang utuh dalam memahami realitas kehidupan.Pandangan ini merupakan tuntunan yang alamiah dari pendekatan dialogis.
5.      Pendekatan Alternatif  atau Holistik
Pendekatan yang merangkum semua pendekatan yang ada. Suatu pandangan yang melihat agama merupakan pedoman dan petunjuk bagi manusia,didalamnya terdapat penjelasan tentang petunjuk-petunjuk pengembangan sains untuk kesejahteraan hidup manusia . Al-Qur’an bagaikan daftar isi dalam sebuah buku besar dalam alam sememesta.Fenomena alam sebagai rahasia kehidupanyang dapat digali melalui sains.

BAB III
PENUTUP
SIMPULAN
Teknologi adalah bagian dari ilmu terapan yang dapat digunakan untuk mengatasi problem kemanusia. Nilai-nilai dalam teknologi:Rasionalitas,Efisiensi,External.  Pendekatan Independensi bependapat bahwa agama dan sain tidak dapat bersatu agama menggunakan hati dan sains menggunakan akal / rasio. Suatu pandangan yang mempersatukan sains dengan agama.keduanya merupakan wilayah yang berbeda namun berada dalam satu kesatuaanyang utuh dalam memahami realitas kehidupan.Pandangan ini merupakan tuntunan yang alamiah dari pendekatan dialogis. Al-Qur’an bagaikan daftar isi dalam sebuah buku besar dalam alam sememesta.Fenomena alam sebagai rahasia kehidupanyang dapat digali melalui sains.

DAFTAR PUSTAKA
http://kpidakwah2010-happy.blogspot.com/2010/11/pengetahuan-teknologi-dan-keberagamaan.html

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PIDATO IDIOLOGI WANITA SHOLEHAH

Pengertian IAD , ISD dan IBD

PPKN Kelas 5 ( (keragaman sosial budaya Masyarakat)