statistika
Seorang dosen Fiqih yang mengajar di Kelas B1-PAI telah melakukan ujian tertulis di pertengahan semester yang lalu, lalu setelah beliau melihat hasil ujian tersebut dan membandingkan dengan nilai ushul fiqih di semester dua lalu yang beliau dapatkan dari dosen yang bersangkutan. Ternyata mahasiswa yang mendapat nilai ushul fiqih bagus ia juga mendapat nilai Fiqih yang bagus pula, Dan sebaliknya. karena Ushul Fiqih merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai sebelum mempelajari Fiqih. Baik buruknnya nilai ushul fiqih telah dipengaruhi oleh mata kuliah Ushul Fiqih. Dari hal tersebut maka dosen menyimpulkanbahwa kemampuan ushul fiqih sangat mempengaruhi penguasaan materi fiqih. 1.) RH: Ho: (ý = a+bx tidak berarti) atau Ha:(ý = a+bx berarti) 2.) α 0.025 3.) Statistika Uji (diasumsikan normal dan homgen) F ~ Ftabel Komutasi 4.) Komputasi a.) Model Regresi NILAI B1-PAI X Y X² XY Y² 1 3,5 3,45 12,25 12,075 11,9025 2 3,25 3,3 10,5625 10,725 10,89 3 3,85 3,9 14,8225 15,015 15,21 4 2,5 2,55 6,25 6,375 6,5025 5 4 3,98 16 15,92 15,8404 6 3,55 3,6 12,6025 12,78 12,96 7 2,99 3 8,9401 8,97 9 8 3,55 3,74 12,6025 13,277 13,9876 9 2,89 2,95 8,3521 8,5255 8,7025 10 2,77 2,88 7,6729 7,9776 8,2944 11 3,6 3,5 12,96 12,6 12,25 12 3,78 3,8 14,2884 14,364 14,44 13 3,79 3,85 14,3641 14,5915 14,8225 14 2,5 2,65 6,25 6,625 7,0225 15 4 3,77 16 15,08 14,2129 16 3,55 3,66 12,6025 12,993 13,3956 17 3,88 3,75 15,0544 14,55 14,0625 18 2,65 2,7 7,0225 7,155 7,29 19 2,97 3,15 8,8209 9,3555 9,9225 20 2,9 2,8 8,41 8,12 7,84 21 3,88 3,75 15,0544 14,55 14,0625 22 3,87 3,85 14,9769 14,8995 14,8225 23 4 3,79 16 15,16 14,3641 24 2,5 2,55 6,25 6,375 6,5025 25 3,5 3,55 12,25 12,425 12,6025 26 3,55 3,66 12,6025 12,993 13,3956 27 4 3,77 16 15,08 14,2129 28 3,35 3,66 11,2225 12,261 13,3956 29 4 3,99 16 15,96 15,9201 30 3,55 3,65 12,6025 12,9575 13,3225 31 4 3,85 16 15,4 14,8225 32 3,3 3,35 10,89 11,055 11,2225 33 3,85 3,45 14,8225 13,2825 11,9025 34 3,5 3,45 12,25 12,075 11,9025 35 3,6 3,85 12,96 13,86 14,8225 36 4 3,7 16 14,8 13,69 37 3,5 3,55 12,25 12,425 12,6025 38 2,75 3 7,5625 8,25 9 39 4 3,39 16 13,56 11,4921 40 3,35 3,45 11,2225 11,5575 11,9025 41 3,55 3,55 12,6025 12,6025 12,6025 42 3,7 3,3 13,69 12,21 10,89 43 3,4 3,5 11,56 11,9 12,25 44 2,6 2,5 6,76 6,5 6,25 45 3,55 3,69 12,6025 13,0995 13,6161 Ʃ 155,32 154,78 545,959 542,3121 540,117
0,612014
0,819208
ý= 0,612+ 0,819x b.) Tabel Anova sumber variasi dk JK Rerata Kuadrat F Regresi (R) dk(A)=k-1 6,619471 6,619470549 253,344 1 Galat (G) dk(d)=n-k 1,123521 0,026128385 43 Total (T) dk(t)=n-1 7,742991 44
7,7429911
6,619471 JKG = JKT-JKR= 1,123521
6,619471
0,026128
253,344 4.) c.) Ftabel= Fα;dK1; dK2= Fαi;(k-1);(n-k)= F 0.025;(2-1);(45-2)= F 0.025;1;43= 5,395 5.) KPK DK={FIF>F tabel} DK= Daerah penolakan Ho F∈DK(F menjadi bagian dari DK) (F>F tabel (253,344>5,395))maka Ho ditolak
Seorang dosen Fiqih yang mengajar di Kelas B1-PAI telah melakukan ujian tertulis di pertengahan semester yang lalu, lalu setelah beliau melihat hasil ujian tersebut dan membandingkan dengan nilai ushul fiqih di semester dua lalu yang beliau dapatkan dari dosen yang bersangkutan. Ternyata mahasiswa yang mendapat nilai ushul fiqih bagus ia juga mendapat nilai Fiqih yang bagus pula, Dan sebaliknya. karena Ushul Fiqih merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai sebelum mempelajari Fiqih. Baik buruknnya nilai ushul fiqih telah dipengaruhi oleh mata kuliah Ushul Fiqih. Dari hal tersebut maka dosen menyimpulkanbahwa kemampuan ushul fiqih sangat mempengaruhi penguasaan materi fiqih. 1.) RH: Ho: (ý = a+bx tidak berarti) atau Ha:(ý = a+bx berarti) 2.) α 0.025 3.) Statistika Uji (diasumsikan normal dan homgen) F ~ Ftabel Komutasi 4.) Komputasi a.) Model Regresi NILAI B1-PAI X Y X² XY Y² 1 3,5 3,45 12,25 12,075 11,9025 2 3,25 3,3 10,5625 10,725 10,89 3 3,85 3,9 14,8225 15,015 15,21 4 2,5 2,55 6,25 6,375 6,5025 5 4 3,98 16 15,92 15,8404 6 3,55 3,6 12,6025 12,78 12,96 7 2,99 3 8,9401 8,97 9 8 3,55 3,74 12,6025 13,277 13,9876 9 2,89 2,95 8,3521 8,5255 8,7025 10 2,77 2,88 7,6729 7,9776 8,2944 11 3,6 3,5 12,96 12,6 12,25 12 3,78 3,8 14,2884 14,364 14,44 13 3,79 3,85 14,3641 14,5915 14,8225 14 2,5 2,65 6,25 6,625 7,0225 15 4 3,77 16 15,08 14,2129 16 3,55 3,66 12,6025 12,993 13,3956 17 3,88 3,75 15,0544 14,55 14,0625 18 2,65 2,7 7,0225 7,155 7,29 19 2,97 3,15 8,8209 9,3555 9,9225 20 2,9 2,8 8,41 8,12 7,84 21 3,88 3,75 15,0544 14,55 14,0625 22 3,87 3,85 14,9769 14,8995 14,8225 23 4 3,79 16 15,16 14,3641 24 2,5 2,55 6,25 6,375 6,5025 25 3,5 3,55 12,25 12,425 12,6025 26 3,55 3,66 12,6025 12,993 13,3956 27 4 3,77 16 15,08 14,2129 28 3,35 3,66 11,2225 12,261 13,3956 29 4 3,99 16 15,96 15,9201 30 3,55 3,65 12,6025 12,9575 13,3225 31 4 3,85 16 15,4 14,8225 32 3,3 3,35 10,89 11,055 11,2225 33 3,85 3,45 14,8225 13,2825 11,9025 34 3,5 3,45 12,25 12,075 11,9025 35 3,6 3,85 12,96 13,86 14,8225 36 4 3,7 16 14,8 13,69 37 3,5 3,55 12,25 12,425 12,6025 38 2,75 3 7,5625 8,25 9 39 4 3,39 16 13,56 11,4921 40 3,35 3,45 11,2225 11,5575 11,9025 41 3,55 3,55 12,6025 12,6025 12,6025 42 3,7 3,3 13,69 12,21 10,89 43 3,4 3,5 11,56 11,9 12,25 44 2,6 2,5 6,76 6,5 6,25 45 3,55 3,69 12,6025 13,0995 13,6161 Ʃ 155,32 154,78 545,959 542,3121 540,117
0,612014
0,819208
ý= 0,612+ 0,819x b.) Tabel Anova sumber variasi dk JK Rerata Kuadrat F Regresi (R) dk(A)=k-1 6,619471 6,619470549 253,344 1 Galat (G) dk(d)=n-k 1,123521 0,026128385 43 Total (T) dk(t)=n-1 7,742991 44
7,7429911
6,619471 JKG = JKT-JKR= 1,123521
6,619471
0,026128
253,344 4.) c.) Ftabel= Fα;dK1; dK2= Fαi;(k-1);(n-k)= F 0.025;(2-1);(45-2)= F 0.025;1;43= 5,395 5.) KPK DK={FIF>F tabel} DK= Daerah penolakan Ho F∈DK(F menjadi bagian dari DK) (F>F tabel (253,344>5,395))maka Ho ditolak
∝ 0 Ft F hit 5,395 253,344 6.) Kesimpulan Model ý= 0,612+ 0,819x signifikan (efektif untuk peramalan)
∝ 0 Ft F hit 5,395 253,344 6.) Kesimpulan Model ý= 0,612+ 0,819x signifikan (efektif untuk peramalan)
Comments
Post a Comment