statistika

 
          Seorang dosen  Fiqih yang mengajar di Kelas B1-PAI telah melakukan ujian tertulis di pertengahan semester yang lalu, lalu setelah beliau melihat 
hasil ujian tersebut dan membandingkan dengan nilai ushul fiqih di semester dua lalu yang  beliau dapatkan dari dosen yang bersangkutan.  Ternyata
mahasiswa  yang  mendapat nilai ushul  fiqih  bagus  ia juga  mendapat  nilai  Fiqih  yang  bagus pula, Dan sebaliknya.  karena Ushul Fiqih merupakan 
pengetahuan dasar yang harus dikuasai sebelum mempelajari Fiqih. Baik buruknnya nilai ushul fiqih telah dipengaruhi oleh mata kuliah Ushul Fiqih.
Dari hal tersebut maka dosen menyimpulkanbahwa kemampuan ushul fiqih sangat mempengaruhi penguasaan materi fiqih.
 
1.)   RH: Ho: (ý = a+bx tidak berarti)










atau  










Ha:(ý = a+bx  berarti)









2.)   α 0.025











3.) Statistika Uji (diasumsikan normal dan homgen)








F ~ Ftabel










Komutasi











4.) Komputasi









a.) Model Regresi










NILAI B1-PAI X Y XY







1 3,5 3,45 12,25 12,075 11,9025







2 3,25 3,3 10,5625 10,725 10,89







3 3,85 3,9 14,8225 15,015 15,21







4 2,5 2,55 6,25 6,375 6,5025







5 4 3,98 16 15,92 15,8404







6 3,55 3,6 12,6025 12,78 12,96







7 2,99 3 8,9401 8,97 9







8 3,55 3,74 12,6025 13,277 13,9876







9 2,89 2,95 8,3521 8,5255 8,7025







10 2,77 2,88 7,6729 7,9776 8,2944







11 3,6 3,5 12,96 12,6 12,25







12 3,78 3,8 14,2884 14,364 14,44







13 3,79 3,85 14,3641 14,5915 14,8225







14 2,5 2,65 6,25 6,625 7,0225







15 4 3,77 16 15,08 14,2129







16 3,55 3,66 12,6025 12,993 13,3956







17 3,88 3,75 15,0544 14,55 14,0625







18 2,65 2,7 7,0225 7,155 7,29







19 2,97 3,15 8,8209 9,3555 9,9225







20 2,9 2,8 8,41 8,12 7,84







21 3,88 3,75 15,0544 14,55 14,0625







22 3,87 3,85 14,9769 14,8995 14,8225







23 4 3,79 16 15,16 14,3641







24 2,5 2,55 6,25 6,375 6,5025







25 3,5 3,55 12,25 12,425 12,6025







26 3,55 3,66 12,6025 12,993 13,3956







27 4 3,77 16 15,08 14,2129







28 3,35 3,66 11,2225 12,261 13,3956







29 4 3,99 16 15,96 15,9201







30 3,55 3,65 12,6025 12,9575 13,3225







31 4 3,85 16 15,4 14,8225







32 3,3 3,35 10,89 11,055 11,2225







33 3,85 3,45 14,8225 13,2825 11,9025







34 3,5 3,45 12,25 12,075 11,9025







35 3,6 3,85 12,96 13,86 14,8225







36 4 3,7 16 14,8 13,69







37 3,5 3,55 12,25 12,425 12,6025







38 2,75 3 7,5625 8,25 9







39 4 3,39 16 13,56 11,4921







40 3,35 3,45 11,2225 11,5575 11,9025







41 3,55 3,55 12,6025 12,6025 12,6025







42 3,7 3,3 13,69 12,21 10,89







43 3,4 3,5 11,56 11,9 12,25







44 2,6 2,5 6,76 6,5 6,25







45 3,55 3,69 12,6025 13,0995 13,6161







Ʃ 155,32 154,78 545,959 542,3121 540,117
































0,612014























0,819208





























ý= 0,612+ 0,819x























b.) Tabel Anova











sumber variasi dk JK Rerata Kuadrat F






Regresi (R) dk(A)=k-1 6,619471 6,619470549 253,344






1






Galat (G) dk(d)=n-k 1,123521 0,026128385






43






Total (T) dk(t)=n-1 7,742991  






44






































7,7429911











































6,619471


















JKG = JKT-JKR= 1,123521









































6,619471








































0,026128








































253,344





































4.) c.) Ftabel= Fα;dK1; dK2= Fαi;(k-1);(n-k)= F 0.025;(2-1);(45-2)= F 0.025;1;43= 5,395















5.) KPK












DK={FIF>F tabel}











DK= Daerah penolakan Ho










F∈DK(F menjadi bagian dari DK) (F>F tabel (253,344>5,395))maka Ho ditolak





















          Seorang dosen  Fiqih yang mengajar di Kelas B1-PAI telah melakukan ujian tertulis di pertengahan semester yang lalu, lalu setelah beliau melihat 
hasil ujian tersebut dan membandingkan dengan nilai ushul fiqih di semester dua lalu yang  beliau dapatkan dari dosen yang bersangkutan.  Ternyata
mahasiswa  yang  mendapat nilai ushul  fiqih  bagus  ia juga  mendapat  nilai  Fiqih  yang  bagus pula, Dan sebaliknya.  karena Ushul Fiqih merupakan 
pengetahuan dasar yang harus dikuasai sebelum mempelajari Fiqih. Baik buruknnya nilai ushul fiqih telah dipengaruhi oleh mata kuliah Ushul Fiqih.
Dari hal tersebut maka dosen menyimpulkanbahwa kemampuan ushul fiqih sangat mempengaruhi penguasaan materi fiqih.
 
1.)   RH: Ho: (ý = a+bx tidak berarti)










atau  










Ha:(ý = a+bx  berarti)









2.)   α 0.025











3.) Statistika Uji (diasumsikan normal dan homgen)








F ~ Ftabel










Komutasi











4.) Komputasi









a.) Model Regresi










NILAI B1-PAI X Y XY







1 3,5 3,45 12,25 12,075 11,9025







2 3,25 3,3 10,5625 10,725 10,89







3 3,85 3,9 14,8225 15,015 15,21







4 2,5 2,55 6,25 6,375 6,5025







5 4 3,98 16 15,92 15,8404







6 3,55 3,6 12,6025 12,78 12,96







7 2,99 3 8,9401 8,97 9







8 3,55 3,74 12,6025 13,277 13,9876







9 2,89 2,95 8,3521 8,5255 8,7025







10 2,77 2,88 7,6729 7,9776 8,2944







11 3,6 3,5 12,96 12,6 12,25







12 3,78 3,8 14,2884 14,364 14,44







13 3,79 3,85 14,3641 14,5915 14,8225







14 2,5 2,65 6,25 6,625 7,0225







15 4 3,77 16 15,08 14,2129







16 3,55 3,66 12,6025 12,993 13,3956







17 3,88 3,75 15,0544 14,55 14,0625







18 2,65 2,7 7,0225 7,155 7,29







19 2,97 3,15 8,8209 9,3555 9,9225







20 2,9 2,8 8,41 8,12 7,84







21 3,88 3,75 15,0544 14,55 14,0625







22 3,87 3,85 14,9769 14,8995 14,8225







23 4 3,79 16 15,16 14,3641







24 2,5 2,55 6,25 6,375 6,5025







25 3,5 3,55 12,25 12,425 12,6025







26 3,55 3,66 12,6025 12,993 13,3956







27 4 3,77 16 15,08 14,2129







28 3,35 3,66 11,2225 12,261 13,3956







29 4 3,99 16 15,96 15,9201







30 3,55 3,65 12,6025 12,9575 13,3225







31 4 3,85 16 15,4 14,8225







32 3,3 3,35 10,89 11,055 11,2225







33 3,85 3,45 14,8225 13,2825 11,9025







34 3,5 3,45 12,25 12,075 11,9025







35 3,6 3,85 12,96 13,86 14,8225







36 4 3,7 16 14,8 13,69







37 3,5 3,55 12,25 12,425 12,6025







38 2,75 3 7,5625 8,25 9







39 4 3,39 16 13,56 11,4921







40 3,35 3,45 11,2225 11,5575 11,9025







41 3,55 3,55 12,6025 12,6025 12,6025







42 3,7 3,3 13,69 12,21 10,89







43 3,4 3,5 11,56 11,9 12,25







44 2,6 2,5 6,76 6,5 6,25







45 3,55 3,69 12,6025 13,0995 13,6161







Ʃ 155,32 154,78 545,959 542,3121 540,117
































0,612014























0,819208





























ý= 0,612+ 0,819x























b.) Tabel Anova











sumber variasi dk JK Rerata Kuadrat F






Regresi (R) dk(A)=k-1 6,619471 6,619470549 253,344






1






Galat (G) dk(d)=n-k 1,123521 0,026128385






43






Total (T) dk(t)=n-1 7,742991  






44






































7,7429911











































6,619471


















JKG = JKT-JKR= 1,123521









































6,619471








































0,026128








































253,344





































4.) c.) Ftabel= Fα;dK1; dK2= Fαi;(k-1);(n-k)= F 0.025;(2-1);(45-2)= F 0.025;1;43= 5,395















5.) KPK












DK={FIF>F tabel}











DK= Daerah penolakan Ho










F∈DK(F menjadi bagian dari DK) (F>F tabel (253,344>5,395))maka Ho ditolak














































































































































































0
Ft F hit











5,395 253,344





















6.) Kesimpulan












Model  ý= 0,612+ 0,819x signifikan (efektif untuk peramalan)













































































































































































0
Ft F hit











5,395 253,344





















6.) Kesimpulan












Model  ý= 0,612+ 0,819x signifikan (efektif untuk peramalan)




















Comments

Popular posts from this blog

PIDATO IDIOLOGI WANITA SHOLEHAH

PPKN Kelas 5 ( (keragaman sosial budaya Masyarakat)

Pengertian IAD , ISD dan IBD