Kisah Luqman Al-Hakim dalam Al-Quran

          Isi kandungan Surah Luqman 13-14 adalahSurah Luqman ayat 13 mengandung pesan untuk menyembah Allah dan tidak menyekutukannya. Sedangkan pada ayat ke 14 tentang berbuat baik kepada orang tua. 
               Nasehat Luqman Al-Hakim kepada putranya yaitu:
1.Menyembah Allah dan tidak menyekutukannya.
2. Berbuat baik kepada orang tua
3. Jika orang tua menyuruh kepada kemaksiatan, maka harus menolaknya dan tetap berbuat baik kepada mereka.
4. Selalu mengerjakan amal Saleh
5. Taat beribadah kepada Allah serta sabar dalam menghadapi cobaan.
Beraikap rendah hati dan todak sombong.
              Kita dilarang menyekutukan Allah karena menyekutukan Allah  adalah kezaliman yang besar.
               Mengapa apa Lukman diberi gelar Al Hakim? karena Lukman telah mendapatkan ilmu Hikmah.
           Luqman Al Hakim Bukankah Seorang nabi tetapi beliu adalah hamba yang yang sholeh. Lukman selalu memberi nasehat yang baik kepada putranya yang bernama Sharon. Lukman memberi nasehat kepada  anaknya agar tidak berdusta karena orang yang yang berdusta tidak akan dipercaya orang lain.  salah satu nasehat Luqman yang paling penting adalah melarang kita berhutang karena itu menjadikan anne-marie kita hina di siang hari dan tersiksa di malam hari.
     Lukman juga seorang hamba yang banyak bersyukur kepada Allah sebagaimana firman Allah dalam surat Luqman ayat 12 yang artinya dan sesungguhnya telah kami berikan Hikmah ah kepada Luqman yaitu bersyukurlah kepada Allah dan barang siapa apa yang bersyukur kepada Allah maka sesungguhnya iya bersyukur untuk dirinya sendiri dan barangsiapa yang tidak bersyukur maka sesungguhnya Allah maha kaya lagi maha terpuji.

        Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari kisah Luqman al-hakim terutama soal keteladanan dalam mendidik anak. Lukman mengajarkan anaknya tentang Tauhid dan keimanan kepada Allah SWT serta norma dan tata cara cara berhubungan dengan keluarga dan dan masyarakat luas. Lukman tidak hanya berbicara tetapi langsung memberikan keteladanan kepada ada anaknya berikut cara Lukman Al Hakim mendidik anaknya:

           Pendidikan aqidah dan tauhid ini ini adalah hal pertama yang diajarkan dan diterapkan Luqman Al Hakim kepada anaknya. Aqidah adalah kepercayaan atau keyakinan pokok yang harus dimiliki oleh seseorang aqidah merupakan hal utama dan mendasar yang harus diajarkan kepada ada setiap anak. selain aqidah Lukman juga mengajarkan tentang Tauhid tauhid sangat berhubungan erat dengan akidah. 
     Tauhid adalah kepercayaan bahwa Allah hanya satu. Dalam meyakinkan anak-anaknya nya bertauhid Luqman Al Hakim berpesan bahwa setiap amal yang diperbuat pasti akan mendapat balasan Allah selalu mengawasi sekecil apapun perbuatan kita baik yang dilakukan dengan sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.
            


Comments

Popular posts from this blog

PIDATO IDIOLOGI WANITA SHOLEHAH

Pengertian IAD , ISD dan IBD

PENGERTIAN, HAKEKAT, DAN KARAKTERISTIK SEJARAH DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SKI