KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan  adalah  proses  pengaruh  mempengaruhi  antarpribadi  atau  antarorang dalam  suatu  sistem  tertentu,  melalui  proses  komunikasi  yang  terarah  untuk  mencapai suatu tujuan tertentu. Tipe – tipe pemimpin : a. The  autocratic  leader,  pemimpin  yang  menganggap  bahwa  kewajiban pengambilan  keputusan,  pelaksanaan  kegiatan,  mengarahkan,  memberi  motivasi dan pengawasan terpusat ditangannya. b. c. The  participative  leader,  pemimpin  yang  menjalankan  kepemimpinannya dengan  konsultasi.  Ia  tidak  mendelegasikan  pengambilan  keputusan  pada bawahan,  tetapi  mencari  berbagai  berbagai  masukan  dan  pendapat  serta pemikiran tentang keputusan yang akan diambilnya. The  free  rein  leader,  pemimpin  yang  mendelegasikan  wewenang  untuk mengambil keputusan kepada bawahan. Perilaku kepemimpinan : a. Mengarahkan  tinggi  &  mendorong  rendah,  adalah  gaya  kepemimpinan  yang sangat  banyak  prilaku  mengarahkan  atau  memberi  perintah  dan  sangat  kurang menumbuhkan dukungan dan dorongan semangat. b. c. d. Mengarahkan  tinggi  &  mendorong  tinggi,  adalah  pemimpin  yang  sangat  rinci dalam  memberikan  perintah  dan  mengawasi,  namun  juga  akomodatif  terhadap pendapat bawahan dan menuntut hasil kerja maksimal. Mengarahkan  rendah  &  mendorong  tinggi,  adalah  pemimpin  yang  sangat jarang  memberikan  arahan  namun  memotivasi  bawahan  secara  maksimal  serta melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan. Mengarahkan  rendah  &  mendorong  rendah,  adalah  gaya  pemimpin  yang melimpahkan  semua  keputusan,  tanggungjawab  dan  wewenangnya  kepada bawahan. Gaya  kepemimpinan  yang  perlu  dikembangkan  sangat  bergantung  pada  perilaku anggota  atau  bawahan  dalam  melaksanakan  tugas  yang  diberikan.  Berikut  beberapa gaya  kepemimpinan  yang  perlu  dikembangkan  dikaitkan  dengan  perilaku  anggota  atau bawahan : a. Gaya kepemimpinan memerintah. Dikembangkan  apabila  bawahan  tidak  mampu  dan  tidak  mau  memegang tanggung  jawab  melakukan  sesuatu,  tidak  berkemauan  dan  tidak  percaya  diri.Pemimpin  harus  memberikan  pengarahan  secara  terperinci  dan  melakukan pengawasan ketat. b. c. d. 5. Gaya kepimpinanan mengajak. Efektif  dikembangkan  apabila  bawahan  punya  rasa  percaya  diri  tapi  tidak  trampil melaksanakan  tugas.  Pemimpin  harus  memberikan  pengarahan  secara  terperinci tapi juga memberikan dorongan atau semangat kepada bawahan. Gaya kepemimpinan melibatkan. Bawahan  yang  mempunyai  ketrampilan  tinggi  tapi  tidak  mau  atau  tidak  percaya diri  untuk  melaksanakan  tugas  harus  diimbangi  dengan  oleh  pemimpin  dengan mengembangkan  gaya  kepemimpinan  melibatkan.  Pemimpin  perlu  melakukan komunikasi  dua  arah,  mendengarkan  dan  aktif  memberikan  semangat  dan dorongan tapi sedikit saja memberikan arahan. Gaya kepemimpinan melimpahkan. Apabila  anggota  atau  bawahan  mempunyai  kemampuan  dan  kemauan  yang  tinggi dalam  melaksanakan  tugas,  maka  pemimpin  dapat  mengembangkan  gaya  sedikit saja  memberikan  arahan  dan  sedikit  memberikan  dorongan.  Pemimpin  tinggal mengidentifikasi  permasalahan  yang  mungkin  ada,  tapi  bawahan  yang memecahkan,  memutuskan  bagaimana,  kapan  dan  dimana  tindakan  tersebut dilakukan. Tidak  ada  satupun  gaya  kepemimpinan  “terbaik”,  para  pemimpin  yang  berhasil  adalah mereka yang mampu menyesuaikan diri dengan situasi. 6.   7. 8. 9. Komunikasi adalah : a.   Proses  penyampaian  pesan  dari  komunikator  (pengirim  pesan)  kepada komunikan  (penerima  pesan)  dan  pesan  yang  disampaikan  harus  diterima  dan dimengerti. b.   c.   Proses  untuk  melakukan  dan  menerima  informasi,  pengaruh,  mekanisme, perubahan  serta  alat  untuk  mendorong  dan  mempertinggi  motivasi  dan merupakan  perantara/sarana  yang  memungkinkan  organisasi  untuk  mencapai tujuan. Proses  penyampainan  pikiran,  perasaan  atau  kemauan  oleh  seseorang  kepada orang  lain  dengan  menggunakan  lambang  tertentu  yang  bermakna  sama  bagi kedua belah pihak. Bentuk komunikasi : a.   Komunikasi  verbal,  yaitu  komunikasi  yang  menggunakan  lambang  bahasa,  baik bahasa lisan maupun tulisan. b.   Komunikasi  non  verbal, adalah  komunikasi  yang  disampaikan  melalui gerak  –  gerik (gestures), sikap (postures), ekspresi muka (facial expression) dan lain – lain. Hambatan  yang  dapat  terjadi  pada  proses  komunikasi  antara  lain  disebabkan  oleh  sifat egois,  emosional,  hubungan  yang  tidak  serasi,  pengalaman  masa  lalu,  lingkungan  yang tidak  mendukung,  perbedaan  status  sosial,  perseteruan,  kharisma,  pembelaan  diri  dan stigma. Kerja  sama  dapat  terjalin  jika  banyak  pihak  yang  memiliki  kemampuan  dan  ikut  bekerja dalam  mencapai  tujuan.  Bekerja  sama  tidak  sama  dengan  “bekerja  bersama”  .Pengertian  dan  ketrampilan  kerja  sama  sangat  perlu  dipahami  oleh  masing  –  masing pihak yang terlibat dalam suatu pencapaian tujuan. 10. Beberapa hal yang dapat mendukung terjalinnya kerjasama : a.   Masing  –  masing  pihak  harus  sadar  dan  mengakui  kemampuan  masing  –  masing. Karena  mustahil  dapat  terjalin  kerja  sama  yang  mantap  kalau  ada  pihak  yang meragukan kemampuan pihak lain. b.   c.   d.   e.   Masing  –  masing  pihak  yang  akan  kerja  sama  harus  mengerti  dan  memahami masalah yang dihadapi. Masing-masing  pihak  yang  bekerjasama  harus  cukup  mampu  dan  berkesempatan saling  berkomunikasi  sehingga  akan  lebih  memperjelas  masalah  dan  kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Kesadaran  dan  pengakuan  terhadap  kemampuan  masing-masing  harus menimbulkan kepekaan kepada semua pihak dan bersedia saling berbagi. Meskipun  semua  pihak  harus  memberi  sesuai  dengan  kemampuan,  tetapi  agar semuanya  dapat  berdayahasil  dan  berhasilguna,  perlu  ada  pengaturan  atau koordinasi yang baik. 11.  Motivasi  adalah  penggerak  batin  yang  mendorong  seseorang  untuk  berbuat. Memotivasi  berarti  menimbulkan  dorongan,  minat,  kesediaan  dan  tekad  pada  diri seseorang untuk berbuat. 12. Pemberian motivasi dapat dilakukan antara lain dengan : a.   Memberikan penghargaan, baik fisik maupun non fisik. b.   c.   d.   Memberikan  perhatian  yang  tulus,  pujian,  melibatkan  partisipasi  yang  utuh, kepercayaan yag lebih besar, keterbukaan, kekeluargaan dll. Menciptakan  persaingan  sehat,  mengendalikan  konflik,  iklim  kerja  yang  kondusif. Memberikan kesempatan mengembangkan diri dan kapasitas. 

Comments

Popular posts from this blog

PIDATO IDIOLOGI WANITA SHOLEHAH

Pengertian IAD , ISD dan IBD

PENGERTIAN, HAKEKAT, DAN KARAKTERISTIK SEJARAH DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SKI