PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN

BAB III PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN Kegiatan pembelajaran intrakurikuler untuk setiap mata pelajaran mengacu pada capaian pembelajaran. Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila ditujukan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Pemerintah mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata pelajaran dalam Jam Pelajaran (JP) per tahun. Satuan pendidikan mengatur alokasi waktu setiap minggunya secara fleksibel dalam 1 (satu) tahun ajaran. Satuan pendidikan menambahkan muatan lokal yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan karakteristik daerah. Satuan pendidikan dapat menambahkan muatan tambahan sesuai karakteristik satuan pendidikan secara fleksibel, melalui 3 (tiga) pilihan sebagai berikut: 1) mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran lain; 2) mengintegrasikan ke dalam tema projek penguatan profil pelajar Pancasila; dan/atau 3) mengembangkan mata pelajaran yang berdiri sendiri. Sebagai dasar untuk menyusun pengeorganisasian pembelajaran adalah struktur kurikulum SD/MTs yang terdiri atas 1 (satu) fase yaitu Fase D. Fase D yaitu untuk kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX. Struktur kurikulum SD/MTs terbagi menjadi 2 (dua), yaitu: a. pembelajaran intrakurikuler; dan b. projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 25% (dua puluh lima persen) total JP per tahun. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama. A. Intrakurikuler Intrakurikuler, berisi muatan/mata pelajaran dan muatan tambahan lainnya jika ada (mulok). Berikut ini disajikan Mata Pelajaran, Alokasi Intrakurikuler per tahun (minggu), Alokasi penguatan profil pelajar Pancasila per tahun, dan total jam pelajaran (jp) pertahun untuk kelas I dan kelas IV. Alokasi waktu kelas I (Asumsi 1 Tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit) No. Mata Pelajaran Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun Total JP Per Tahun 1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* 108 (3) 36 144 2 Pendidikan Pancasila 144 (4) 36 180 3 Bahasa Indonesia 216 (6) 72 288 4 Matematika 144 (4) 36 180 5 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 108 (3) 36 144 6 Seni dan Budaya**: 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari 108 (3) 36 144 7 Bahasa Inggris 72 (2) *** - 72*** 8 Muatan Lokal 1. Bahasa Jawa 72 (2) *** - 72*** Jumlah 828 (23) 252 1080 Keterangan: * Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing. ** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari). *** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan. **** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Alokasi waktu mata pelajaran SD/MI kelas IV (Asumsi 1 Tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit) No. Mata Pelajaran Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun Total JP Per Tahun 1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* 108 (3) 36 144 2 Pendidikan Pancasila 144 (4) 36 180 3 Bahasa Indonesia 216 (6) 72 288 4 Matematika 144 (4) 36 180 5 Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial 180 (5) 36 216 6 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 108 (3) 36 144 7 Seni dan Budaya**: 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari 108 (3) 36 144 8 Bahasa Inggris 72 (2) *** - 72*** 9 Muatan Lokal 1. Bahasa Jawa 72 (2) *** - 72*** Total****: 1044 (29) 252 1296 Keterangan: * Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing. ** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari). *** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan. **** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Catataan: * Untuk struktur kurikulum kelas II dan III, V dan VI tahun pelajaran 2022/2023 masih mengacu pada kurikulum 2013. B. Kokurikuler Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kokurikuler, yaitu projek penguatan profil pelajar Pancasila, menjelaskan pengelolaan projek yang mengacu pada profil pelajar Pancasila pada tahun ajaran tersebut. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Dalam 1 (satu) tahun ajaran di SD/MI, projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan sekurang-kurangnya 2 (dua) projek dengan 2 (dua) tema berbeda. Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Kelas Tema dan Kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila Kolaborasi Mata Pelajaran Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Alokasi Waktu Pertahun I Gaya Hidup Berkelanjutan 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 2. Pendidikan Pancasila 3. Bahasa Indonesia 4. Matematika 5. PJOK 6. Seni dan budaya Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri. 12 JP Kearifan Lokal 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 2. Pendidikan Pancasila 3. Bahasa Indonesia 4. Matematika 5. PJOK 6. Seni dan budaya Bhinneka Tunggal Ika 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 2. Pendidikan Pancasila 3. Bahasa Indonesia 4. Matematika 5. PJOK 6. Seni dan budaya IV Bangunlah Jiwa dan Raganya 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 2. Pendidikan Pancasila 3. Bahasa Indonesia 4. Matematika 5. PJOK 6. Seni dan budaya Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri. 12 JP Rekayasa dan Teknologi 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 2. Pendidikan Pancasila 3. Bahasa Indonesia 4. Matematika 5. PJOK 6. Seni dan budaya Kewirausahaan 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 2. Pendidikan Pancasila 3. Bahasa Indonesia 4. Matematika 5. PJOK 6. Seni dan budaya Jadwal Pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Pancasila Kelas I   Jadwal Pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Pancasila Kelas IV D. Ekstrakurikuler Ekstrakurikuler merupakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal. Berikut ekstrakurikuler yang ada di satuan pendidikan: 1. Pramuka 2. Rebana 3. Kaligrafi 4. Pencak Silat 5. Tilawah 6. Dokter Kecil 7. Panahan

Comments

Popular posts from this blog

PIDATO IDIOLOGI WANITA SHOLEHAH

PPKN Kelas 5 ( (keragaman sosial budaya Masyarakat)

Pengertian IAD , ISD dan IBD