kumpulan skripsi


NO
NAMA PENELITI
ABSTRAK/TEMUAN
METODE
SUMBER
1.
Moh Habib Yahya
(106296)

Judul skripsi:
Pelaksanaan Implementsi Metode Active Learning Melalui Proses Pembelajaran Fiqih di MA Nahdlatul Ulama Muslmin Undaan Kudus.
Tujuan:
1.   Untuk mengetahui hakikat pelaksanaan active learning dalam proses pembelajaran secara akurat dan mendalam.
2.   Menemukan teknik-teknik pembelajaran fiqih secara terpadu agar pembelajaran lebih efektif.
3.   Untuk menemukan kemudahan dalam mengimplementasikan metode active learning dalam proses pembelajaran fiqih di MA Nahdlatul Muslimin.
Rumusan Masalah:
1.      Bagaimana pelaksanaan implementasi  motode active learning dalam proses pembelajaran?
2.      Bagaimana proses  pembelajaran fiqih di MA Nahdlatul Muslimin?
3.      Bagaimana pelaksanaan implementasi metode active learning dalam proses pembelajaran fiqih di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus?
Temuan:
Implementasi metode active learning melalui proses pembelajaran fiqih di MA nahdlatul Muslimin itu cukup prktis untuk dilaksanakan, mengingat metode ini cukup efektif dalam pembelajaran, maka metode tersebut menjadi pilihan bagi pendidik untuk menyampaikan pelajaran meskipun terdapat kendala, waktu, materi yang dibahas , sumber belajar, sungguh pembelajaran seperti itu lebih tepat untuk diterapkan  begitu siswa masuk kelas materi yang akan dibahas sudah dipersiapkan oleh siswa  tinggal guru melaksanakan  pembelajaran dengan active learning . metode active learning adalah metode belajar yang mudah  diterapkan dn praktis dilaksanakan dalam pembelajaran dan dapat mengubah siswa menjadi peserta didik yang active dalam belajar, belajarpun menjadi semangat.
Jenis Pendekatan
Jenis penelitian field search dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan fenomenologis
a.    Informan:
Dengan teknik snowball sampling tecnique
1.    Guru à Drs. Sudarsono
2.    Siswi kelas X1àUmi Haniq
3.    Siswa Kelas X1àTiar Bachroni


b.   Teknik Pengambilan Data
1.    Observasi à Observasi Partisipatif
2.    Wawancara àBaku Terbuka
3.    Dokumentasi à Foto pada waktu pelaksanaan  pembelajaran,struktur organisasi , notulen rapat dll.

c.    Teknik Analsis Data
Analisis data menggunakan model Miles danHuberman
1.      Data Reduction
2.      Data Display
3.      Data Verification


2.
Imam Syafi’i
Tujuan:
1.       Untuk mengetahui implementasi metode inquiri dalam pengajaran Al-Qur’an di kelas v TPQ ”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
2.      Untuk mengetahui problem yang dihadapi dalam pengajaran Al-Qur’an di kelas v TPQ ”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
3.      Untuk mengetahui solusi problematika implementasi metode inquiri dalam pengajaran Al-Qur’an di kelas v TPQ ”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
Rumusan Masalah:
1.       Bagaimana implementasi metode inquiri dalam pengajaran Al-Qur’an di kelas v TPQ ”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
2.      Bagaimana problem yang dihadapi dalam pengajaran Al-Qur’an di kelas v TPQ ”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
3.      Bagaimana solusi problematika implementasi metode inquiri dalam pengajaran Al-Qur’an di kelas v TPQ ”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
Temuan:
Dari hasil penelitian diperoleh implementasi dalam pembelajaran Al-Qur’an  pada kelas v di TPQ “Yanabi’ul Qur’an” Desa Soco Kec. Dawe Kab. Kudus dilakukan dalam 6 tahap yaitu gurumemilih tujuan, guru mengajukan pertanyaan, siswa menetapkan hipotesis, dan siswa menrik kesimpulan.
Dalam metode ini materi pembelajaran disiapkan dengan kemasan atau tren dunia hiburan.pendekatan pembelajaran hendknya disesuaikan dengan kondisi santri didalam kelas, untuk mengatasi problem tingkat pengetahuan santri pengelolaan dan penguasaan dan penguasaan kelas ada 3 pendekatan yaitu pendekatan: individual, rasionl danemosional. Metode pembelajaran diperlukan bidikan sasaran yang tepat untuk mencapai tujuan. Evaluasi pembelajaran bukan hanya diukur dengan nilai akhirsemester saja tetapi diperbaiki dengan melaksanakan penilaiaan menyeluruh menyangkt materi.

Jenis Pendekatan
Jenis penelitian field search dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan fenomenologis
d.   Informan:
Dengan teknik snowball sampling tecnique
4.    KepalaSekolahà Ahamad Syaichu
5.    Guru PAUD àDina Malik
6.    Waka Kurikulum à Jamil Asyahar

e.    Teknik Pengambilan Data
4.    Observasi à Observasi Partisipatif
5.    Wawancara àBebas terpimpin
6.    Dokumentasi à Foto pada waktu pelaksanaan  pembelajaran,struktur organisasi dan data tentang TPQ.

f.     Teknik Analsis Data
Analisis data menggunakan model Miles danHuberman
4.      Data Reduction
5.      Data Display
6.      Data Verification



Lokasi Penelitian:
TPQ  Yanabi’ul Qur’an  Soco Dawe Kudus

Waktu Penelitian:
 17 mei 2010- 26 Oktober 2010
Skripsi STAIN Kudus 2012












3.
Eri Setio Nugroho
(106494)

Tujuan:
1.   Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan outbound dalam pembelajaran PAI.
2.      Untuk mengetahui implementasi metode outbound dalam pembelajaran PAI di PAUD Averrroes Bangsri Jepara tahun pelajaran 2011/2012.
3.      Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metod outbound dalam pembelajaran PAI di PAUD Averrroes Bangsri Jepara tahun pelajaran 2011/2012.
Rumusan Masalah:
1.      Bagaimana yang dimaksud dengan outbound dalam pembelajaran PAI.
2.      Bagaimana implementasi metode outbound dalam pembelajaran PAI di PAUD Averrroes Bangsri Jepara tahun pelajaran 2011/2012.
3.      Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi metod outbound dalam pembelajaran PAI di PAUD Averrroes Bangsri Jepara tahun pelajaran 2011/2012.
Temuan:
Metode outbound dalam pembelajaran PAI merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang secara langsung diakukan di alam terbuka dengan memanfaatkan alam terbuka dengan memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran. Kegiatan belajar sambil bermain diisi oleh permainan atau ketangkasan dalam usaha membentuk kepribadian, memantapkan pemahaman kepemimpinan dan membentuk karakter anak lebih percaya diri di PAUD. Kaitannya dengan pembelajaran PAI, mencoba membangun, memperkenalkan, dan menanamkan pendidikan kepada anak yang berkaitan dengan alam (sebagai yang dicipta) dengan Tuhan  (sebagai sang pencipta ) agar nantinya anak-anak mampu berperan aktif menjaga alam sebagai rasa syukur mereka kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Jenis Pendekatan
Jenis penelitian case study (study Kasus) dengan pendekatan kualitatif berlandaskan  filsafat  postpostivisme.
a.    Informan:
Dengan teknik purposive sampling.
KepalaSekolahàHasnawati Hidayah
Guru PAUD àFaizatun nikmah
Siswaà Indar Suyoko

b.   Teknik Pengambilan Data
Observasi, wawancara,Dokumentasi,
 Triagulasi



c.    Teknik Analsis Data
1.      Data Reduction
2.      Data Display
3.      Data Verificatin











Skripsi STAIN Kudus 2012


4.
Uswatun Khasnah
(106013)
Tujuan:
1.   Untuk mengetahui  konsep dasar metode al-Bana dalam pembelajaran baca tulis al-Quran di TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus.
2.   Untuk mengetahui proses pembelajaran baca tulis al-Quran di TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus.
3.   Untuk mengetahui hasil akhir  prestasi belajar siswa TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus.
4.   Untuk mengetahui pengaruh implementasi  metode al-Bana sebagai upaya meningktkan pelajaran baca tulis al-Quran di TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus.
Rumusan Masalah:
1.   Bagaimana konsep dasar metode al-Bana dalam pembelajaran baca tulis al-Quran di TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus?
2.   Bagaimanakah proses pembelajaran baca tulis al-Quran di TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus?
3.   Bagaimanakah hasil akhir  prestasi belajar siswa TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus?
4.   Bagaimanakah pengaruh implementasi  metode al-Bana sebagai upaya meningktkan pelajaran baca tulis al-Quran di TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus?

Temuan:
Pengaruh implementasi metode al-Bana sebagai upaya meningkatkan pemelajaran baca tulis al Qur’an di TPQ al-Chusna dapat dikategorikanmemberikan pengruh yang baik , hal ini dibuktian adanya respon masyarakat yang positif untuk menyekolahkan anaknya di TPQ al-Chusna dan juga dapat dibuktikan  dengan nilai hasil  akhir  prestasi belajar siswa lebih dari 80 yaitu berkisar antara 82-90 dan nilai rata-rta kelasnya mencapai lebih dari 80 yaitu 85.

Jenis Pendekatan
Jenis penelitian lapangan (field search)
a.    Informan:
Dengan teknik pusposive dan snowball sampling tecnique
1.    KepalaSekolahàDra.Shofiyah
2.    Guru à Noor Hidayah S.Pdi
3.    Siswa  à Dina Fitriana

b.   Teknik Pengambilan Data
1.    Observasi à Observasi Partisipatif
2.    Wawancara à mendalam
3.    Dokumentasi à Foto pada waktu pelaksanaan  pembelajaran,struktur organisasi dan data tentang TPQ.

c.    Teknik Analsis Data
Analisis data menggunakan model Miles danHuberman
1.      Data Reduction
2.      Data Display
3.      Data Verification



Skripsi STAIN Kudus 2010

5.
Dewi Widiawati
(106099)
Tujuan:
1.  Untuk mengetahui metode hafalan al-Qur’an dalam  pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA Sabilul Ulum Mayong  Jepara tahun pelajaran 2009/2010.
2.  Untuk mengetahui penerapan metode hafalan hafalan al-Qur’an dalam  pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA Sabilul Ulum Mayong  Jepara tahun pelajaran 2009/2010.
3.  Untuk mengetahi problematika dalam penerapan metode hafalan al-Qur’an dalam  pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA Sabilul Ulum Mayong  Jepara tahun pelajaran 2009/2010.

Rumusan Masalah:
1.  Bagaimana metode hafalan al-Qur’an dalam  pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA Sabilul Ulum Mayong  Jepara tahun pelajaran 2009/2010?
2.  Bagaimana penerapan metode hafalan hafalan al-Qur’an dalam  pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA Sabilul Ulum Mayong  Jepara tahun pelajaran 2009/2010?
3.  Apa saja problematika dalam penerapan metode hafalan al-Qur’an dalam  pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA Sabilul Ulum Mayong  Jepara tahun pelajaran 2009/2010?
Temuan:
Hasil analisis dalam problematika dan penerapan metode hafalan al-Qur’an dalam  pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA Sabilul Ulum Mayong  Jepara yaitu menghafal yang sukar dapat mempengaruhi ketnangan mental, kurang tepat atau membutuhkan perhatian yang lebih bila diberikan kepada siswa yang mempunyai latar belakang  yang berbeda-beda. Beberapa hal yangharus diperhatikan dalam menggunakan metode menghafal yaitu: apa saja yang dihafal siswa sebaiknya terlebih dahulu dipahami benar-benar oleh guru, menghafal harus diberi latar belakang yang cukup, metode manakah yang lebih efektif.


Jenis Pendekatan
Jenis penelitian  field search (natural settign)
a.   Informan:
Dengan teknik  snowball sampling
1.      KepalaSekolahàH.MathowiA.Md
2.      Guru à KM.Shohib Nor
3.      Waka kurikulumà K. Mustaqir
4.      Siswa  à Noor Fauziah
5.      Wali MuridàNoor Cholis

b.   Teknik Pengambilan Data
1.    Observasi
2.    Wawancara
3.    Dokumentasi

c.    Teknik Analsis Data
Analisis data menggunakan model Miles danHuberman
1.      Data Reduction
2.      Data Display
3.      Data Verification
Waktu penelitian: April- Juni






Skripsi STAIN Kudus 2010
6.
Agus Riyanto




Judul Skripsi:
Penerapan Metode Demonstrasi dan Drill dalam Meningkatkan Keberhasilan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa (Studi Kasus di SD 1 Tergo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2007/2008)
Tujuan :
Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah:
1.    Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dan drill dalam proses belajar mengajar di SD 1 Tergo Dawe Kudus.
2.    Untuk mengetahui keberhasilan belajar PAI siswa SD 1 Tergo Dawe Kudus.
3.    Untuk mengetahui kebijakan magerial dalam mengimplementasikan demonstrasi dan drill untuk keberhasilan belajar Pai siswa di SD 1 Tergo Dawe Kudus.

Rumusan Masalah:
1.   Bagaimana penerapan metode demonstrasi dan drill dalam proses belajar mengajar di SD 1 Tergo Dawe Kudus?
2.    Bagaimana  keberhasilan belajar PAI siswa SD 1 Tergo Dawe Kudus?
3.    Bagaimana kebijakan magerial dalam mengimplementasikan demonstrasi dan drill untuk keberhasilan belajar Pai siswa di SD 1 Tergo Dawe Kudus?

Temuan:
Setelah metode demonstrasi dan drill diterapkan dalam proses belajar PAI hasilnya sangat baik, hal ini dapat dicontohkan bahwa siswa mulai sadar aan adanya kewajiban hamba Allah di bumi adalah beribadah kepada-Nya. Mereka sudah melaksanakan ibadah mahdah maupun ghoiru mahdah sesuai dengan kemampunnya.
Jenis Pendekatan
Jenis penelitian  field search (natural setting)

a.    Informan:
Dengan teknik  snowball sampling
1.      KepalaSekolah
2.      Guru
3.      Waka kurikulum
4.      Siswa

b.   Teknik Pengambilan Data
1.       Observasi
2.       Wawancara
3.       Dokumentasi

c.    Teknik Analsis Data
Analisis data menggunakan model Miles danHuberman
1.      Data Reduction
2.      Data Display
3.      Data Verification


SKRIPSI STAIN KUDUS 2008
7.




8.




9.




10.
Nasiatus Sakdiyah
(107305)

Metode Pembiasaan  Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di Taman Kanak-kanak  Aisyiyah Bustanul Athfal di Desa Kenduren Kec. Wedung Kab. Demak
Tujuan Penelitian:
1.    Untuk mengetahui subtansi ajaran akhlak di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfal di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak.
2.    Untuk mengetahui  metode pembiasaan dalam pembelajaran di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfal di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak.
3.    Untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan metode pembiasaan untuk meningkatkan akhlak siswa  di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak.

Rumusan Masalah:
1.    Apa yang menjadi subtansi ajaran akhlak di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfal di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak?
2.    Bagaimana metode pembiasaan dalam pembelajaran di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfal di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak?
3.    Bagaimana sejauhmana keberhasilan metode pembiasaan untuk meningkatkan akhlak siswa  di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfal di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak?

Temuan:
Tingkat keberhasilan metode pembiasaan Aisyiyah Bustanul Athfal disana cukup bai karena pada dasarnya anak didik dibimbing serta diarahkan agar memiliki akhlakul karimah. Seorang guru diharapkan mampu menjadikan anak didiknya memiliki jiw yang positif mampu dalam segala bidang apa yang diajarkan oleh ibu gurunya dapat merubahsikap dan perilaku anak didik untuk menjdi lebih baik. Berhasil tidaknya suatu pembelajaran tergantung dari metodenya, dan metode pembiasaan inilah yang cocok dipakai khususnya dalam meningkatkan akhlak siswa.

Jenis Pendekatan
Jenis penelitian  field search dan library research.

a.    Informan:
Dengan teknik Purposive sampling dan   snowball sampling
1.    KepalaSekolahàSiti Syamsiah
2.    GuruàRumi’ah
3.    Siswa àAliya

a.    Teknik Pengambilan Data
1.    Observasi  langsung atau prtisipatif
2.    Wawancara
3.    Dokumentasi berupa foto-foto karya tulis akademik, sejarah sekolah, dll.

b.   Teknik Analsis Data
Analisis data menggunakan model Miles danHuberman
1.      Data Reduction
2.      Data Display
3.      Data Verification

SKRIPSI STAIN KUDUS 2011


Comments

Popular posts from this blog

PIDATO IDIOLOGI WANITA SHOLEHAH

PPKN Kelas 5 ( (keragaman sosial budaya Masyarakat)

Pengertian IAD , ISD dan IBD