kumpulan skripsi
NO
|
NAMA PENELITI
|
ABSTRAK/TEMUAN
|
METODE
|
SUMBER
|
1.
|
Moh Habib
Yahya
(106296)
Judul skripsi:
Pelaksanaan Implementsi Metode
Active Learning Melalui Proses Pembelajaran Fiqih di MA Nahdlatul Ulama
Muslmin Undaan Kudus.
|
Tujuan:
1.
Untuk
mengetahui hakikat pelaksanaan active learning dalam proses pembelajaran
secara akurat dan mendalam.
2.
Menemukan
teknik-teknik pembelajaran fiqih secara terpadu agar pembelajaran lebih
efektif.
3.
Untuk
menemukan kemudahan dalam mengimplementasikan metode active learning dalam proses
pembelajaran fiqih di MA Nahdlatul Muslimin.
Rumusan
Masalah:
1.
Bagaimana
pelaksanaan implementasi motode active
learning dalam proses pembelajaran?
2.
Bagaimana
proses pembelajaran fiqih di MA
Nahdlatul Muslimin?
3.
Bagaimana
pelaksanaan implementasi metode active learning dalam proses pembelajaran
fiqih di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus?
Temuan:
Implementasi
metode active learning melalui proses pembelajaran fiqih di MA nahdlatul
Muslimin itu cukup prktis untuk dilaksanakan, mengingat metode ini cukup
efektif dalam pembelajaran, maka metode tersebut menjadi pilihan bagi
pendidik untuk menyampaikan pelajaran meskipun terdapat kendala, waktu,
materi yang dibahas , sumber belajar, sungguh pembelajaran seperti itu lebih
tepat untuk diterapkan begitu siswa
masuk kelas materi yang akan dibahas sudah dipersiapkan oleh siswa tinggal guru melaksanakan pembelajaran dengan active learning .
metode active learning adalah metode belajar yang mudah diterapkan dn praktis dilaksanakan dalam
pembelajaran dan dapat mengubah siswa menjadi peserta didik yang active dalam
belajar, belajarpun menjadi semangat.
|
Jenis Pendekatan
Jenis
penelitian field search dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan
fenomenologis
a.
Informan:
Dengan teknik
snowball sampling tecnique
1.
Guru à
Drs. Sudarsono
2.
Siswi kelas
X1àUmi
Haniq
3.
Siswa Kelas
X1àTiar
Bachroni
b.
Teknik
Pengambilan Data
1.
Observasi à
Observasi Partisipatif
2.
Wawancara àBaku
Terbuka
3.
Dokumentasi à
Foto pada waktu pelaksanaan
pembelajaran,struktur organisasi , notulen rapat dll.
c.
Teknik
Analsis Data
Analisis data
menggunakan model Miles danHuberman
1.
Data
Reduction
2.
Data Display
3.
Data
Verification
|
|
2.
|
Imam Syafi’i
|
Tujuan:
1.
Untuk
mengetahui implementasi metode inquiri dalam pengajaran Al-Qur’an di kelas v
TPQ ”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
2.
Untuk
mengetahui problem yang dihadapi dalam pengajaran Al-Qur’an di kelas v TPQ
”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
3.
Untuk
mengetahui solusi problematika implementasi metode inquiri dalam pengajaran
Al-Qur’an di kelas v TPQ ”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
Rumusan Masalah:
1.
Bagaimana implementasi metode inquiri dalam
pengajaran Al-Qur’an di kelas v TPQ ”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe
Kab. Kudus.
2.
Bagaimana
problem yang dihadapi dalam pengajaran Al-Qur’an di kelas v TPQ ”Yanabi’ul
Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
3.
Bagaimana
solusi problematika implementasi metode inquiri dalam pengajaran Al-Qur’an di
kelas v TPQ ”Yanabi’ul Qur’an” Desa soco Kec. Dawe Kab. Kudus.
Temuan:
Dari hasil
penelitian diperoleh implementasi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada kelas v di TPQ “Yanabi’ul Qur’an” Desa
Soco Kec. Dawe Kab. Kudus dilakukan dalam 6 tahap yaitu gurumemilih tujuan,
guru mengajukan pertanyaan, siswa menetapkan hipotesis, dan siswa menrik
kesimpulan.
Dalam metode
ini materi pembelajaran disiapkan dengan kemasan atau tren dunia
hiburan.pendekatan pembelajaran hendknya disesuaikan dengan kondisi santri
didalam kelas, untuk mengatasi problem tingkat pengetahuan santri pengelolaan
dan penguasaan dan penguasaan kelas ada 3 pendekatan yaitu pendekatan: individual,
rasionl danemosional. Metode pembelajaran diperlukan bidikan sasaran yang
tepat untuk mencapai tujuan. Evaluasi pembelajaran bukan hanya diukur dengan
nilai akhirsemester saja tetapi diperbaiki dengan melaksanakan penilaiaan
menyeluruh menyangkt materi.
|
Jenis Pendekatan
Jenis
penelitian field search dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan
fenomenologis
d.
Informan:
Dengan teknik
snowball sampling tecnique
4.
KepalaSekolahà
Ahamad Syaichu
5.
Guru PAUD àDina
Malik
6.
Waka
Kurikulum à
Jamil Asyahar
e.
Teknik
Pengambilan Data
4.
Observasi à
Observasi Partisipatif
5.
Wawancara àBebas
terpimpin
6.
Dokumentasi à
Foto pada waktu pelaksanaan
pembelajaran,struktur organisasi dan data tentang TPQ.
f.
Teknik
Analsis Data
Analisis data
menggunakan model Miles danHuberman
4.
Data Reduction
5.
Data Display
6.
Data
Verification
Lokasi Penelitian:
TPQ Yanabi’ul Qur’an Soco Dawe Kudus
Waktu Penelitian:
17 mei 2010- 26 Oktober
2010
|
Skripsi STAIN Kudus 2012
|
3.
|
Eri Setio
Nugroho
(106494)
|
Tujuan:
1.
Untuk
mengetahui apa yang dimaksud dengan outbound dalam pembelajaran PAI.
2.
Untuk
mengetahui implementasi metode outbound dalam pembelajaran PAI di PAUD
Averrroes Bangsri Jepara tahun pelajaran 2011/2012.
3.
Untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metod outbound dalam
pembelajaran PAI di PAUD Averrroes Bangsri Jepara tahun pelajaran 2011/2012.
Rumusan Masalah:
1.
Bagaimana
yang dimaksud dengan outbound dalam pembelajaran PAI.
2.
Bagaimana
implementasi metode outbound dalam pembelajaran PAI di PAUD Averrroes Bangsri
Jepara tahun pelajaran 2011/2012.
3.
Apa faktor
pendukung dan penghambat implementasi metod outbound dalam pembelajaran PAI
di PAUD Averrroes Bangsri Jepara tahun pelajaran 2011/2012.
Temuan:
Metode
outbound dalam pembelajaran PAI merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang
secara langsung diakukan di alam terbuka dengan memanfaatkan alam terbuka
dengan memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran. Kegiatan belajar sambil
bermain diisi oleh permainan atau ketangkasan dalam usaha membentuk
kepribadian, memantapkan pemahaman kepemimpinan dan membentuk karakter anak
lebih percaya diri di PAUD. Kaitannya dengan pembelajaran PAI, mencoba
membangun, memperkenalkan, dan menanamkan pendidikan kepada anak yang
berkaitan dengan alam (sebagai yang dicipta) dengan Tuhan (sebagai sang pencipta ) agar nantinya
anak-anak mampu berperan aktif menjaga alam sebagai rasa syukur mereka kepada
Tuhan Yang Maha Esa.
|
Jenis Pendekatan
Jenis
penelitian case study (study Kasus) dengan pendekatan kualitatif
berlandaskan filsafat postpostivisme.
a.
Informan:
Dengan teknik
purposive sampling.
KepalaSekolahàHasnawati
Hidayah
Guru
PAUD àFaizatun
nikmah
Siswaà
Indar Suyoko
b.
Teknik
Pengambilan Data
Observasi,
wawancara,Dokumentasi,
Triagulasi
c.
Teknik
Analsis Data
1.
Data
Reduction
2.
Data Display
3.
Data
Verificatin
|
Skripsi STAIN Kudus 2012
|
4.
|
Uswatun
Khasnah
(106013)
|
Tujuan:
1.
Untuk
mengetahui konsep dasar metode al-Bana
dalam pembelajaran baca tulis al-Quran di TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati
Kudus.
2.
Untuk
mengetahui proses pembelajaran baca tulis al-Quran di TPQ al-Chusna Loram
Kulon Jati Kudus.
3.
Untuk
mengetahui hasil akhir prestasi
belajar siswa TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus.
4.
Untuk
mengetahui pengaruh implementasi
metode al-Bana sebagai upaya meningktkan pelajaran baca tulis al-Quran
di TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus.
Rumusan Masalah:
1.
Bagaimana
konsep dasar metode al-Bana dalam pembelajaran baca tulis al-Quran di TPQ
al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus?
2.
Bagaimanakah
proses pembelajaran baca tulis al-Quran di TPQ al-Chusna Loram Kulon Jati
Kudus?
3.
Bagaimanakah
hasil akhir prestasi belajar siswa TPQ
al-Chusna Loram Kulon Jati Kudus?
4.
Bagaimanakah
pengaruh implementasi metode al-Bana
sebagai upaya meningktkan pelajaran baca tulis al-Quran di TPQ al-Chusna
Loram Kulon Jati Kudus?
Temuan:
Pengaruh
implementasi metode al-Bana sebagai upaya meningkatkan pemelajaran baca tulis
al Qur’an di TPQ al-Chusna dapat dikategorikanmemberikan pengruh yang baik ,
hal ini dibuktian adanya respon masyarakat yang positif untuk menyekolahkan
anaknya di TPQ al-Chusna dan juga dapat dibuktikan dengan nilai hasil akhir prestasi belajar siswa lebih dari 80 yaitu
berkisar antara 82-90 dan nilai rata-rta kelasnya mencapai lebih dari 80
yaitu 85.
|
Jenis Pendekatan
Jenis
penelitian lapangan (field search)
a.
Informan:
Dengan teknik
pusposive dan snowball sampling tecnique
1.
KepalaSekolahàDra.Shofiyah
2.
Guru à
Noor Hidayah S.Pdi
3.
Siswa à
Dina Fitriana
b.
Teknik
Pengambilan Data
1.
Observasi à
Observasi Partisipatif
2.
Wawancara à
mendalam
3.
Dokumentasi à
Foto pada waktu pelaksanaan
pembelajaran,struktur organisasi dan data tentang TPQ.
c.
Teknik
Analsis Data
Analisis data
menggunakan model Miles danHuberman
1.
Data
Reduction
2.
Data Display
3.
Data
Verification
|
Skripsi STAIN Kudus 2010
|
5.
|
Dewi
Widiawati
(106099)
|
Tujuan:
1. Untuk mengetahui metode hafalan al-Qur’an dalam pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA Sabilul
Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran
2009/2010.
2. Untuk mengetahui penerapan metode hafalan hafalan al-Qur’an
dalam pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA
Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun
pelajaran 2009/2010.
3. Untuk mengetahi problematika dalam penerapan metode hafalan
al-Qur’an dalam pengajaran Al-Qur’an
Hadis di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara
tahun pelajaran 2009/2010.
Rumusan Masalah:
1. Bagaimana metode hafalan al-Qur’an dalam pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA Sabilul
Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran
2009/2010?
2. Bagaimana penerapan metode hafalan hafalan al-Qur’an dalam pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA Sabilul
Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran
2009/2010?
3. Apa saja problematika dalam penerapan metode hafalan al-Qur’an
dalam pengajaran Al-Qur’an Hadis di MA
Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun
pelajaran 2009/2010?
Temuan:
Hasil analisis dalam problematika dan penerapan metode hafalan
al-Qur’an dalam pengajaran Al-Qur’an
Hadis di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara
yaitu menghafal yang sukar dapat mempengaruhi ketnangan mental, kurang tepat
atau membutuhkan perhatian yang lebih bila diberikan kepada siswa yang
mempunyai latar belakang yang berbeda-beda.
Beberapa hal yangharus diperhatikan dalam menggunakan metode menghafal yaitu:
apa saja yang dihafal siswa sebaiknya terlebih dahulu dipahami benar-benar
oleh guru, menghafal harus diberi latar belakang yang cukup, metode manakah
yang lebih efektif.
|
Jenis Pendekatan
Jenis
penelitian field search (natural
settign)
a.
Informan:
Dengan
teknik snowball sampling
1.
KepalaSekolahàH.MathowiA.Md
2.
Guru à
KM.Shohib Nor
3.
Waka
kurikulumà
K. Mustaqir
4.
Siswa à
Noor Fauziah
5.
Wali MuridàNoor
Cholis
b.
Teknik
Pengambilan Data
1.
Observasi
2.
Wawancara
3.
Dokumentasi
c.
Teknik
Analsis Data
Analisis data
menggunakan model Miles danHuberman
1.
Data
Reduction
2.
Data Display
3.
Data
Verification
Waktu penelitian: April- Juni
|
Skripsi STAIN
Kudus 2010
|
6.
|
Agus Riyanto
Judul Skripsi:
Penerapan Metode Demonstrasi dan Drill dalam Meningkatkan
Keberhasilan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa (Studi Kasus
di SD 1 Tergo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2007/2008)
|
Tujuan
:
Adapun
tujuan dari penulisan skripsi ini adalah:
1. Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dan
drill dalam proses belajar mengajar di SD 1 Tergo Dawe Kudus.
2. Untuk mengetahui keberhasilan belajar PAI siswa SD
1 Tergo Dawe Kudus.
3. Untuk mengetahui kebijakan magerial dalam
mengimplementasikan demonstrasi dan drill untuk keberhasilan belajar Pai
siswa di SD 1 Tergo Dawe Kudus.
Rumusan
Masalah:
1. Bagaimana penerapan metode demonstrasi dan drill
dalam proses belajar mengajar di SD 1 Tergo Dawe Kudus?
2. Bagaimana keberhasilan
belajar PAI siswa SD 1 Tergo Dawe Kudus?
3. Bagaimana kebijakan magerial dalam
mengimplementasikan demonstrasi dan drill untuk keberhasilan belajar Pai
siswa di SD 1 Tergo Dawe Kudus?
Temuan:
Setelah metode demonstrasi dan drill
diterapkan dalam proses belajar PAI hasilnya sangat baik, hal ini dapat
dicontohkan bahwa siswa mulai sadar aan adanya kewajiban hamba Allah di bumi
adalah beribadah kepada-Nya. Mereka sudah melaksanakan ibadah mahdah maupun
ghoiru mahdah sesuai dengan kemampunnya.
|
Jenis
Pendekatan
Jenis
penelitian field search (natural
setting)
a.
Informan:
Dengan
teknik snowball sampling
1.
KepalaSekolah
2.
Guru
3.
Waka
kurikulum
4.
Siswa
b.
Teknik Pengambilan Data
1.
Observasi
2.
Wawancara
3.
Dokumentasi
c.
Teknik Analsis Data
Analisis
data menggunakan model Miles danHuberman
1.
Data
Reduction
2.
Data
Display
3.
Data
Verification
|
SKRIPSI STAIN
KUDUS 2008
|
7.
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
10.
|
Nasiatus
Sakdiyah
(107305)
Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di Taman
Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal
di Desa Kenduren Kec. Wedung Kab. Demak
|
Tujuan Penelitian:
1.
Untuk
mengetahui subtansi ajaran akhlak di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul
Atfal di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak.
2.
Untuk
mengetahui metode pembiasaan dalam
pembelajaran di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfal di Desa Keduren
Kec.Wedung Kab. Demak.
3.
Untuk
mengetahui sejauhmana keberhasilan metode pembiasaan untuk meningkatkan
akhlak siswa di taman kanak-kanak
Aisyiyah Bustanul Athfal di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak.
Rumusan Masalah:
1.
Apa yang
menjadi subtansi ajaran akhlak di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfal
di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak?
2.
Bagaimana
metode pembiasaan dalam pembelajaran di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul
Atfal di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak?
3.
Bagaimana
sejauhmana keberhasilan metode pembiasaan untuk meningkatkan akhlak
siswa di taman kanak-kanak Aisyiyah
Bustanul Atfal di Desa Keduren Kec.Wedung Kab. Demak?
Temuan:
Tingkat keberhasilan metode pembiasaan Aisyiyah Bustanul Athfal
disana cukup bai karena pada dasarnya anak didik dibimbing serta diarahkan
agar memiliki akhlakul karimah. Seorang guru diharapkan mampu menjadikan anak
didiknya memiliki jiw yang positif mampu dalam segala bidang apa yang
diajarkan oleh ibu gurunya dapat merubahsikap dan perilaku anak didik untuk
menjdi lebih baik. Berhasil tidaknya suatu pembelajaran tergantung dari
metodenya, dan metode pembiasaan inilah yang cocok dipakai khususnya dalam
meningkatkan akhlak siswa.
|
Jenis
Pendekatan
Jenis
penelitian field search dan
library research.
a.
Informan:
Dengan
teknik Purposive sampling dan snowball sampling
1.
KepalaSekolahàSiti Syamsiah
2.
GuruàRumi’ah
3.
Siswa
àAliya
a.
Teknik Pengambilan Data
1.
Observasi
langsung atau prtisipatif
2.
Wawancara
3.
Dokumentasi
berupa foto-foto karya tulis akademik, sejarah sekolah, dll.
b.
Teknik Analsis Data
Analisis
data menggunakan model Miles danHuberman
1.
Data
Reduction
2.
Data
Display
3.
Data
Verification
|
SKRIPSI STAIN
KUDUS 2011
|
Comments
Post a Comment