Pembelajaran PKn di SD

1. PKn di SD memiliki sejarah dalam perkembanganya dan memiliki hubungan dalam Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). (a) Jelaskan hakikat PKn di SD menurut sejarah perkembangannya ! Jawab: (b) Jelaskan fungsi dan tujuan PKn di SD dalam hubungannya dengan tujuan Pendidikan nasional ! Jawab: 2. PKn merupakan pendidikan syarat nilai dan moral. Namun dalam faktanya ada kondisi paradoks yang terjadi sebagaimana dalam kasus dan berita dibawah ini : 3. Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menyesalkan aksi anarkistis oleh sejumlah pelajar saat demonstrasi Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) pekan lalu. Demo yang mengakibatkan banyak fasilitas publik rusak itu, membuat para pelajar dibekuk oleh polisi. 4. 5. Menurut Benny, keterlibatan para pelajar dalam aksi unjuk rasa hingga terjadinya pengrusakan fasilitas publik adalah buah dari sistem pendidikan yang bermasalah. 6. 7. "Jika pendidikan mereka terasupi dengan baik, tak akan ada perbuatan yang melanggar adab dan etika meski mereka turun langsung dalam sebuah demo," kata Benny dalam keterangan persnya kepada SINDOnews, Minggu (18/10). 8. 9. Benny menjelaskan, ini salah satu bentuk kegagalan dalam pendidikan kritis untuk membangun karakter pendidikan. Alhasil, anak-anak menjadi objek dari eksploitasi. Karena, anak-anak itu sebetulnya kurang memahami masalah dan realita tapi lebih digerakkan oleh emosi dan solidaritas. 10. Tindakan anarkistis adalah pelanggaran terhadap hak publik yang mengancam rasa aman dan damai. Hak ini yang justru bertentangan dengan perbuatan sejumlah pelajar pada aksi demo. 11. 12. "Pelajar yang terdidik dengan baik tak akan mungkin berbuat anarkis. Jika hal itu ternyata terjadi maka masalah yang sesungguhnya terjadi ada pada pendidikan yang mereka dapatkan," ujar Benny. 13. 14. Rohaniawan ini menilai anak-anak pelajar sangat mudah terprovokasi hingga melakukan aksi vandalisme ketika melihat atau terlibat sebuah peristiwa besar, seperti demonstrasi yang memancing emosi mereka. 15. 16. Meski begitu, dia mengingatkan aparat kepolisian agar tidak menggunakan cara-cara kekerasan dalam menindak para pelajar. Peristiwa vandalisme dari aksi unjuk rasa kemarin hingga penangkapan sejumlah pelajar STM dan SMK ini juga menjadi pekerjaan besar bagi Menteri Pendidikan untuk berani mengoreksi sistem pendidikan yang ada saat ini. 17. 18. "Pendidikan seharusnya menghasilkan transformasi sosial yang dapat memperkuat karakter anak-anak dalam mengenal baik dan buruknya suatu perbuatan. Dampak besar pendidikan juga akan menghasilkan tumbuh kembangnya kesadaran umat dalam suatu bangsa," tuturnya. 19. 20. "Pendidikan seharusnya menghasilkan transformasi sosial yang dapat memperkuat karakter anak-anak dalam mengenal baik dan buruknya suatu perbuatan. Dampak besar pendidikan juga akan menghasilkan tumbuh kembangnya kesadaran umat dalam suatu bangsa," tuturnya. 21. Sumber informasi : https://bpip.go.id/berita/1035/259/pelajar-terlibat-demo-anarkistis-pendidikan-karakter-dinilai-gagal.html 22. 23. Dari kasus dan berita di atas : 24. Jelaskan kondisi paradoksal sesuai kasus dengan pendekatan PKn ! 25. Sebutkan 2 kondisi paradoksal sesuai kasus dan berikan contoh kondisi paradoksal antara nilai dan fakta selain contoh kasus 26. Jelaskan hubungan konsepsi Pendidikan moral menurut Lickona dan Piaget dalam pendidikan nilai di Indonesia !

Comments

Popular posts from this blog

PIDATO IDIOLOGI WANITA SHOLEHAH

PPKN Kelas 5 ( (keragaman sosial budaya Masyarakat)

Pengertian IAD , ISD dan IBD